I. Hubungan Timbal Balik
Antara Manajemen, Organisasi dan
Tata Kerja
Tata
kerja atau metode adalah satu cara bagaimana (how) agar sumber-sumber dan waktu
yang tersedia dan amat diperlukan dapat dimanfaatkan dengan tepat sehingga
proses kegiatan manajemen dapat dilaksanakan dengan tepat pula.
Dengan tata
kerja yang tepat mengandung arti bahwa proses kegiatan
pencapaian tujuan sudah dilakukan
secara ilmiah dan praktis, di samping itu pemakaian tata kerja yang tepat
pada pokoknya ditujukan untuk :
a. Menghindari terjadinya
pemborosan di dalam pendayagunaan sumber-sumber daya dan waktu yang
tersedia
tersedia
b. Menghindari
kemacetan-kemacetan dan kesimpangsiuran dalam proses
pencapaian
tujuan
c. Menjamin adanya
pembagian kerja, waktu dan koordinasi yang tepat.
# Jadi hubungan antara
manajemen, organisasi dan tata kerja dapat dilukiskanseperti di bawah ini :
a. Manajemen : proses
kegiatan pencapaian tujuan melalui kerja sama antar manusia.
b. Organisasi : alat bagi
pencapaian tujuan tersebut dan alat bagi pengelompokkan kerja sama.
c. Tata Kerja : pola
cara-cara bagaimana kegiatan dan kerja sama tersebut harus dilaksanakan
sehingga
tujuan tercapai secara efisien.
tujuan tercapai secara efisien.
Manajemen, organisasi dan
tata kerja ketiganya diarahkan kepada tercapainya tujuan secara efisien.
II. Fungsi Satuan
Organisasi dan Metode
pengertian fungsi satuan organisasi dan metode adalah rangkaian proses
kegiatan yang harus dilakukan untuk meningkatkan kegunaan segala sumber dan
faktor yang menentukan bagi berhasilnya proses manajemen terutama dengan
memperhatikan fungsi dan dinamika organisasi atau birokrasi dalam rangka
mencapai tujuan yang sudah ditetapkan.
Dari pengertian tersebut
terkandung beberapa maksud yaitu :
1. Organisasi dan metode
merupakan kunci atau syarat pelaksanaan kerja yang setepat-tepatnya.
2. Organisasi dan metode
penting bagi kegiatan manajemen.
3. Organisasi dan metode
dapat memanfaatkan sumber-sumber dan waktu yang tersedia
4. Organisasi dan metode
berguna dalam meningkatkan efisiensi kerja untuk mencapai tujuan.
Dari uraian
di atas terlihat jelas betapa eratnya hubungan antara manajemen, organisasi dan
metode, bahkan sepertinya dapat dikatakan bahwa organisasi dan metode merupakan
salah satu bidang pengkhususan dari manajemen.
Manajemen
pada hakekatnya merupakan proses kegiatan seorang pimpinan (manager) yang harus
dilakukan dengan mempergunakan cara-cara pemikiran yang rasional maupun praktis
untuk mencapai tujuan yang telah ditetapkan melalui kerja sama dengan orang
lain sebagai sumber tenaga kerja tanpa mengabaikan sumber-sumber yang lain dan
waktu yang tersedia dengan cara yang setepat-tepatnya
*Credit
http://mohamadkemaludin.wordpress.com/2011/04/14/fungsi-satuan-organisasi-dan-metode/
Tidak ada komentar:
Posting Komentar