Menggunakan Teknologi Informasi untuk Keunggulan Kompetitif.
Menggunakan
Teknologi Informasi untuk Keunggulan Kompetitif.
Perusahaan di hubungkan dengan
elemen-elemen dalam lingkungannya
melalui arus sumber daya fisik maupun konseptual. Penjelasan tentang strategi
keunggulan kompetitif yang paling lengkap berfokus pada arus masuk dari pemasok
dan arus keluar melalui saluran distribusi ke pelanggan.
SPIR adalah tanggung jawab semua
manajer, tetapi manajer organisasi jasa informasi (information services)
memainkan peran penting . jabatan CIO yaitu chief information resources.
IRM adalah konsep yang
mengintregasikan konsep-konsep keunggulan kompetitif lain, CIO, IRM, SPIR, dan
end-user computing.
Perusahaan dalam Lingkungannya.
Sistem fisik perusahaan adalah
sistem lingkaran tertutup, dalam arti dikendalikan oleh manajemen, menggunakan
informasi umpan balik untuk menyanyikan bahwa tujuan-tujuannya tercapai.
Perusahaan menggambil sumber daya dari lingkungannya, mengubah sumber daya
tersebut menjadi barang dan jasa, dan mengembalikan sumber daya yang telah
diubah itu kepada lingkungannya.
Delapan Elemen Lingkungan
Elemen-elemen lingkungan ini
adalah organisasi atau individu yang
berada di luar perusahaan dan memiliki pengaruh langsung pada perusahaan.
Delapan elemen ini berada dalam
sistem yang lbh luas, yg di sebut masyarakat. :
1. Pemasok
2. Pelanggan
3. Serikat
pekerja
4. Masyarakat
keuangan
5. Pemegang
saham atau pemilik
6. Pesaing
7. Pemerintah
8. Masyarakat
global.
Keunggulan Kompetitif
Pada bidang komputer, keunggulan
kompetitif mengacu pada penggunaan informasi untuk mendapatkan leverage di
pasar. Sebaliknya, sumber daya konseptual yang unggul-data dan informasi –
dapat di gunakan sama baiknya.
Rantai Nilai Porter
Professor
Michael E. Porter dari Harvard
adalah orang yang paling sering diidentifikasikan dengan topic keunggulan
kompetitif. Pusat dari teori Porter adalah konsep marjin. Marjin adalah nilai produk
dan jasa perusahaan, seperti yang diyakini oleh pelanggan perusahaan itu,
dikurangi biasaynya. Perusahaan
menciptakan nilai dengan melaksanakan aktifitas :
1.
Aktivitas nilai utama (primary value activities) adalah aktivitas yg
berhubgungan dengan produksi dan penawaran nilai.
2.
Aktivitas nilai pendukung (support value
activities) menyediakan input dan infrastruktur aktivitas utama.
Tiga unsur penting tiap aktivitas :
1.
Input yang dibeli
2.
Sumber daya manusia
3.
Teknologi.
Sistem Nilai
Kaitan rantai nilai beberapa
perusahaan disebut sistem nilai (value system)
Sumber Daya Informasi
Jenis-jenis Sumber Daya Informasi :
1.
Perangkat keras komputer
2.
Perangkat lunak komputer
3.
Spesialis informasi
4.
Pemakai
5.
Fasilitas
6.
Database
7.
Informasi
Jasa informasi dikelola oleh seorang
manajer yang berstatus wakil direktur.
Chief Information Officer. (CEO)
CEO adalah orang yang memiliki pengaruh
paling kuat dalam operasi perusahaan, dan umumnya memiliki jabatan direktur
utama atau ketua dewan direksi.
Istilah CIO (chief information
officer) memiliki pengertian suatu peran yg seharusnya dilaksanakan oleh
manajer jasa informasi tingkat puncak.
Saran-saran CIO
1.
Sediakan waktu untuk bisnis dan pelatihan bisnis.
2.
Membangun kemitraan dengan unit-unit bisnis dan manajemen lain.
3.
Fokuskan pada perbaikan proses dasar bisnis.
4.
Jelaskan biaya-biaya IS dalam istilah-istilah bisnis.
5.
Bangun kepercayaan dengan memberikan jasa IS yang dapat diandalkan.
6.
Jangan bersifat defensive.
Perencanaan Strategis.
Dikenal sebagai perencanaan jangka
panjang. Karena mengidentifikasi tujuan-tujuan yang akan member perusahaan posisi
yang paling menguntungkan, dan stragtegi untuk mencapai tujuan.
Perencanaan Strategis Funsional
adalah bawha setiap bidang menetapkan rencannya sendiri terlepas dari yang
lain.
Pendekatan SPIR
End-User Computing
Empat golongan pemakai akhir EUC
1.
Pemakai Akhir Tingkat Menu
2.
Pemakai Akhir Tingkat Perintah
3.
Pemakai Akhir Tingkat Programmer
4.
Pemakai Akhir Tingkat Fungsional
Jenis-jenis Aplikasi Pemakai Akhir
1.
Sistem pendukung keputusan (DSS) yg relative mudah
2.
Aplikasi kantor virtual yang memenuhi kebutuhan perseorangan
Tanggung jawab spesialis informasi
1.
Aplikasi SIM dan SIA
2.
DSS yang rumit
3.
Aplikasi kantor virtual yang memenuhi kebutuhan organisasional
4.
Sistem berbasis pengetahuan.
Manfaat End-User Computing
1.
Menyediakan Kemampuan dan Tantangan
2.
Mengurangi kesenjangan Komunikasi.
Pemakai memahami bidang permasalahan
dengan lebih baik daripada teknologi.
Resiko End-User Computing
1.
Sistem yang Buruk Sasarannya
2.
Sistem yang Buru Rancangan dan Dokumentasinya
3.
Penggunaan Sumber Daya Informasi yang tidak Efisien.
4.
Hilangnya Integritas Data
5.
Hilangnya Keamanan
6.
Hilangnya Pengendalian
Konsep Manajemen Sumber Daya Informasi
Manajemen Sumber Daya Informasi atau
IRM adalah aktivitas yang dijalankan oleh manajer pada semua tingkatan dalam
perusahaan dengan tujuan mengidentifikasi ,memperoleh dan mengolah SDI.
Elemen-elemen IRM yang di
perlukan.
1.
Kesadaran bahwa keunggulan kompetitif dapat dicapai melalaui sumber daya
informasi yang unggul.
2.
Kesadaran bahwa jasa informasi adalah suatu biadang fungsional utama.
3.
Kesadaran bahwa CIO adalah eksekutif puncak.
4.
Perhatian pada sumber daya informasi perusahaan ketika membuat perencanaan
strategis.
5.
Rencana strategis formal untuk sumber daya informasi.
6.
Strategi untuk mendorong dan mengelola end-user computing.
Model IRM
1.
Lingkunga perusahaan.
2.
Eksekutif perusahaan.
3.
Bidang fungsional
4.
Sumberdaya informasi.
IRM adalah suatu konsep terintregasi
yang menyatukan lingkungan, tingkatan manajemen, bidang” fungsional, sumber daya informasi, dan para pemakai.
sumber : buku sim mac leod jilid 1 BAB II.
saik
BalasHapus