Selasa, 20 Desember 2011

4 tahap perencanaan fungsi manajemen



4 Tahap Perencanaan Fungsi manajemen
1.      Menetapkan tujuan atau serangkaian tujuan.
   Perencanaan dimulai dengan keputusan-keputusantentang keinginan atau kebutuhan organisasi atau kelompok kerja. Tanpa rumusan tujuan yang jelas, organisasi akan menggunakan sumber daya nya secara tidak efektif.
2.      Merumuskan kadaan saat ini.
   Pemahaman dari posisi perusahaan sekarang dari tujuan yang hendak di capai atau sumber daya yang tersedia untuk pencapaian tujuan, adalah sangat penting, karena tujuan dan rencana menyangkut waktu yang akan datang. Hanya setelah keadaan perusahaan saat inidi analisa, rencana dapat dirumuskan untuk menggambarkan rencana kegiatan lebih lanjut. Tahap kedua ini memerlukan informasi. Terutama keuangan dan data statistik, yang didapatkan melalui komunikasi dalam orgaisasi.
3.      Mengidentifikasikan segala kemudahan dan hambatan.
   Segala kekuatan dan kelemahan serta kemudahan dan hambatan perlu diidentifikasikan untuk mengukur kemampuan organisasi dalam mencapai tujuan. Oleh karena itu perlu diketahui faktor-faktor lingkungan intern dan ekstern yag dapat membantu organisasi mencapai tujuannya, atau yang mungkin menimbulkan masalah. Walaupun sulit dilakukan, antisipasi keadaan, masalah, dan kesempatan serta ancaman yang mungkin terjadi di waktu mendatang adalah bagian esensi dari proses perencanaan.
4.      Mengembangkan rencana atau serangkaian kegiatan untuk pencapaian tujuan.
   Tahap terakhir dalam proses perencanaan meliputi pengembangan sebagai alternatif kegiatan untuk pencapaian tujuan, penilaian alternatif-alternatif tersebut dan pemilihan alternatif terbaik (paling memuaskan) di antara berbagai alternatif yang ada.


1.MENETAPKAN TUJUAN.
    Ingin membuka usaha warnet dengan tujuan ingin membawa masyarakat luas agar lebih mengenal teknologi masa kini.
2.MERUMUSKAN KE ADAAN.
     Keadaan pada sa’at ini dalam usaha warung internet(warnet) sangat lah baik karna banyak nya fasilitas-fasilitas di dalam internet seperti game,facebook,dll yang mampu menjadi daya tarik terhadap konsume. Pemakai intenet juga tidak d batasi oleh umur sehingga seluruh masyarakat dapat menggunakan nya.
3.MENGIDENTIFIKASIKAN KEMUDAHAN DAN HAMBATAN.
      Kemudahan dalam usaha warnet yaitu:
      1.Peminat yang cukup banyak   
      2.Cukup mudah dalam pengolahan usaha nya
      3.Keuntungan yg cukup mejanjikan.
      Hambatan dalam usaha warnet yaitu:
       1.Mengeluarkan modal yang cukup besar
       2.Mudah tau rentan nya terjadi kerusakan terhadap komputer-komputer
4. MENGEMBANGKAN RENCANA USAHA
    Pengembangan dalam usaha kita bisa membuat cabang-cabang yg lain dan kita bisa menambah kan produk jual seperti aksesoris komputer dll.                                                                                                                                                                                                                                                                                                                             




Manfaat dan Kelemahan dalam Perencanaan
Manfaat perencanaan :
-          Membantu manajemen menyesuaikan diri dengan perubahan lingkungan.
-          Membantu dalam kristalisasi persesuain masalah utama.
-          Memahami keseluruhan gambaran operasi lebih jelas.
-          Membantu penempatan tanggung jawab lebih cepat.
-          Memberikan cara pemberian perintah untuk beroperasi.
-          Memudahkan dalam koordinasi di antara berbagai bagian organisasi.
-          Membuat tujuan lebih khusus, terperinci dan lebih mudah dipahami.
-          Meminimumkan pekerjaan yang tidak pasti.
-          Menghemat waktu, usaha dan dana.

Kelemahan Perencanaan :
-          Pekerjaan yang tercangkup dalam perencanaan mungkin berlebihan pada kontribusi nyata.
-          Perencanaan cenderung menunda kegiatan.
-          Perencanaan mungkin terlalu membatasi manajemen untuk berinisyatif dan inovasi.
-          Terkadang hasil terbaik diperoleh dari penyelesain situasi individual dan penanganan setiap masalah pada saat masalah tersebut terjadi.
-          Ada rencana yang diikuti cara-cara yang tidak konsisten.



Jangka waktu Perencanaan Fungsi Manajemen
   Pada umumnya jangka waktu perencanaan dibagi menjadi 3 bagian, yaitu perencanaan jangka pendek, perencanaan jangka menengah, dan perencanaan jangka panjang.
   Perencanaan jangka pendek, yaitu perencanaan yang jangka waktu yang kurang dari satu tahun. Jenis perencanaan ini kurang strategis karena hanya bersifat sementara.
   Perencanaan jangka menengah, yaitu perencanaan yang jangka waktu lebih dari satu tahun dan kurang dari lima tahun.
   Dan perencanaan jangka panjang, yaitu perencanaan yang jangka waktunya lebih dari lima tahun. Perencanaan jangka panjang juga dikenal sebagai perencanaan strategis karena mengidentifikasi tujuan-tujuan yang akan memberikan keuntungan diwaktu yang akan datang. Serta menentukan strategi untuk mencapai tujuan-tujuan tersebut.




SUMBER:  BLOGDETIK.COM

Tidak ada komentar:

Posting Komentar